Cara Mematangkan Buah Kiwi Yang Benar

September 11, 2017
Begini Cara Mematangkan Buah Kiwi Yang Benar - Buah kiwi paling baik dimatangkan di pohonnya, tetapi varietas tertentu memiliki rasa yang sama baiknya meskipun dimatangkan di rumah setelah dipetik dari pohonnya. Triknya adalah mulai dengan buah kiwi yang baik. Setelah itu, Anda hanya cukup meletakkannya di meja dapur dan tunggu sampai kiwi mencapai puncak kematangannya dengan tekstur berair dan aroma maksimal. Lihat Langkah 1 untuk mempelajari cara mematangkan kiwi dengan cara yang benar


Cara Mematangkan Buah Kiwi Yang Benar

1. Mematangkan Buah Kiwi
Mematangkan Buah Kiwi















Pilih buah kiwi tanpa cela. Carilah kiwi yang tidak memiliki bintik-bintik gelap atau sayatan di kulit. Pegang kiwi dan pilih yang memiliki tekstur yang tegas atau mantap saat ditekan. Kebanyakan varietas buah kiwi yang Anda temukan di toko bahan makanan bisa matang dengan baik meski sudah dipetik dari pohonnya.
Jika Anda menanam kiwi Anda sendiri dan ingin tahu bagaimana cara mematangkannya, ketahui varietas kiwi Anda untuk menentukan apakah Anda harus membiarkan buah kiwi sampai matang di pohonnya baru dipetik atau Anda bisa memanennya ketika buah masih keras dan mentah.


2. Periksa bijinya. 

Periksa bijinya















Jika Anda memiliki banyak buah kiwi ntuk cadangan, potong satu untuk membukanya dan memeriksa bijinya. Kiwi tidak akan matang jika bijinya masih hijau atau kuning, melainkan harus hitam. Biji hitam menunjukkan kiwi memiliki cukup gula untuk matang dengan benar dan juga berarti kiwi sudah cukup tua.

3. Masukan buah kiwi ke dalam lemari es sampai Anda siap untuk mematangkannya. 
Masukan buah kiwi ke dalam lemari es sampai Anda siap untuk mematangkannya. 















Buah kiwi yang masih keras akan bertahan di kulkas selama minimal 4 bulan. Simpan kiwi sendiri sehingga tidak kontak dengan buah-buahan lain yang meghasilkan gas etilen, yaitu gas yang menyebabkan buah menjadi matang.

4. Biarkan kiwi yang ingin Anda matangkan mencapai suhu kamar. 

Tempatkan kiwi dalam mangkuk di meja Anda dan cukup tunggu beberapa hari. Buah akan matang dalam 3 sampai 5 hari jika disimpan pada suhu kamar. Jangan menempatkan kiwi di bawah sinar matahari langsung. Itu bisa menyebabkan kiwi menjadi berubah warna atau membusuk terlalu cepat.

5. Percepat proses pematangan dengan membuat buah Kiwi kontak dengan gas etilen
Letakkan buah Kiwi di samping apel, pisang, atau buah pir. Ini akan membuat kiwi kontak dengan gas etilen yang dihasilkan oleh buah-buahan tersebut. Jauhkan kiwi yang sedang dimatangkan dari sinar matahari dan sumber panas. Untuk membuatnya matang lebih cepat, masukkan kiwi ke dalam kantong kertas atau kantong plastik yang sudah sedikit dilubangi untuk ventilasi bersama dengan satu buah apel, pisang, atau pir. Simpan kantong pada suhu kamar selama 1 atau 2 hari.

6. Uji kematangan buah kiwi dengan menekannya dengan ibu jari Anda. 


Kiwi sudah matang jika terasa lunak dan mengikuti tekanan Anda. Kiwi yang siap dimakan akan beraroma harum khas kiwi dan tampak menggembung penuh.

7. Makan kiwi matang segera. 














Pastikan untuk memakan kiwia yang berada di puncak kematangannya, kalau tidak kiwi akan mulai membusuk.

Nah  seperti itulah, Cara Mematangkan Buah Kiwi Yang Benar . Bermanfaat bukan, nah jangan ragu untuk sering makan buah kiwi.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »