Asal Dan Negara Penghasil Buah Kiwi

September 11, 2017
Asal Dan Negara Penghasil Buah Kiwi - Kiwi berasal dari negeri China dan sampai sekarang masih banyak diumpai tanaman kiwi di lembah Yangtse oleh karena itu oleh orang China diberi nama Yang Tao atau juga diberi nama persik kambing dan persik monyet. Nama kiwi diambikan dari nama burung khas New Zealand dengan maksud agar buah ini cepat dikenal dan memiliki nilai komersial yang baik. Daerah tumbuhnya di antara 10 40° lintang utara.

 Asal Dan Negara Penghasil Buah Kiwi


 Asal Dan Negara Penghasil Buah Kiwi
 Asal Dan Negara Penghasil Buah Kiwi


New Zealand adalah negara pertama yang membudidayakan kiwi untuk tujuan komersial. Diperkirakan kiwi masuk New Zealand pada tahun 1906, Tahun 1937 Unn McLaughlin memulai menanam kiwi seluas 1 hektar 16 tahun kemudian dia menjadi exporter kiwi. Dewasa ini sepertiga dari produksi kiwi dunia dihasilkan di New Zealand diekspor ke Jepang(33%), ke Jerman(25%), dan ke USA(17%), ke Skandinavia dan ke Austria. Produsen buah kiwi dunia dapat dilihat pada Tabel 7.

Cara Menyimpan Kiwi
berbeda dengan buah-buahan tropis dan subtropis yang lain yang umumnya tidak tahan simpan. Buah kiwi memungkinkan untuk disimpan sampai 9 bulan Hanya sebelum disimpan harus dlakukan penyortiran yan ketat agar buah-buah yang disimpan tidak tercampur dengan buah-buah yang tertuka, memar, dan busuk.

Suhu ideal untuk menyimpan kiwi adalah-0,5-0 C. Sedangkan kelembaban udara ralatif ideal adalah 90-95%. Untuk menghindarkan kekeringan buah sebaiknya dibungkus dengan plastik berlubang lubang. Dengan kondisi simpan seperti tersebut di atas buah kiwi tahan disimpan sampai 3 bulan.

Itulah  Asal Dan Negara Penghasil Buah Kiwi, dengan demikian sahabat kesehatan sudah tau kan dari mana buah kiwi tersebut. Semoga bermanfaat.

Sumber : agrotomi.com


Artikel Terkait

Previous
Next Post »